Jumat, 20 Agustus 2010

RPP PKN KELAS 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : IV / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN )
• Jumlah Pertemuan : 6 X Pertemuan @ 60 menit

1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.

2. KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.

3. INDIKATOR
1. Menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Menjelaskan susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
4. Menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
5. Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
6. Menjelaskan nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.

4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Siswa dapat menjelaskan susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Siswa dapat memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
4. Siswa dapat menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
5. Siswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
6. Siswa dapat menjelaskan nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.
7. Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan.

5. MATERI POKOK
1. Pemerintahan desa / kelurahan
2. Pemerintahan kecamatan

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan Pertama hingga ke Enam

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. SKENARIO PEMBELAJARAN

Pertemuan I
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan beserta struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan beserta struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru mulai menjelaskan pengertian pemerintahan desa/kelurahan.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru.
3. Guru melanjutkan penjelasan mengenai fungsi dan tugas kepala desa
4. Guru memberikan kesempatan bagi siswa utnuk bertanya

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : membuat kelompok, lalu mencari di internet tentang pemerintahan desa dan dikomentari.

Pertemuan II
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Siswa bertanya jawab tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
4. Kelompok yang paling banyak bertanya dan menganggapi akan mendapat poin .

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : membaca di rumah materi selanjutnya.

Pertemuan III
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
Motivasi : Berani memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
3. Siswa bertanya jawab tentang bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
4. Kelompok yang paling banyak bertanya dan menganggapi akan mendapat poin .

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : bertanya kepada orang tua mengenai nama-nama pejabat RT, kelurahan dan kecamatan di daerah tempat tinggalnya.

Pertemuan IV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani memberi contoh gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
3. Siswa membuat gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
4. Guru mengoreksi dan memberikan penilaian pada gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan yang dibuat oleh siswa.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi tugas kelompok : mencari persamaan dan perbedaan pemerintahan desa dan kelurahan.
2. Guru memberi tugas: menghafal struktur organisasi desa dan kelurahan.

Pertemuan V
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.

B. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok bergiliran maju untuk membacakan hasil tugasnya.
2. Siswa yang berani maju menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan akan mendapat poin.
3. Guru menyuruh siswa untuk menyampaikan secara lisan tentang struktur organisasi desa dan kelurahan.
4. Siswa menjelaskan tentang struktur organisasi desa dan kelurahan yang pernah mereka hafalkan.

C. Kegiatan akhir
Guru memberikan tugas menghafal tugas camat dan struktur organisasi kecamatan

Pertemuan VI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.

B. Kegiatan inti
1. Siswa yang berani maju menghafal tugas camat dan menggambarkan struktur organisasi kecamatan akan mendapat poin.
2. Guru menyuruh siswa menyebutkan nama-nama pejabat di daerah tempat tinggalnya yang pernah mereka tanyakan pada orang tuanya.
3. Siswa bergantian menyampaikan nama-nama pejabat di daerah tempat tinggalnya.
4. Mengadakan tes I tentang pemerintahan desa dan kelurahan

C. Kegiatan akhir
1. Guru mengoreksi dan memberi nilai.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan

9. SUMBER BELAJAR
Buku PKN kelas IV. Acarya Media Utama,

10. PENILAIAN

1. Teknik : Tes Tertulis, Tes Unjuk kerja, Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen : Isian /lisan




Mengetahui Balikpapan, 23 Juli 2010 Guru Bidang Studi,
Kepala Sekolah SDIT Al Auliya, Guru Bidang Studi,



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag

Rabu, 04 Agustus 2010

RPP BHS. INDONESIA KELAS 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : VI / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Indonesia
• Jumlah Pertemuan : 12 X Pertemuan @ 60 menit

1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Mendengarkan ( Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan ).

2. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan.
1.2. Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.

3. INDIKATOR : *Mendengarkan cerita tentang Tes Air Bersih di SD Serang Banten.
*Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan, di antaranya judul, fakta mengenai peristiwa yang dikemukakan dengan rumus “5 W 1 H”
*Mencari arti kata-kata yang sulit dalam kamus.
*Membuat ringkasan bacaan di dalam buku tulis.
*Mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru dan teman.
*Menjelaskan unsur cerita (tokoh, tema, latar dan amanat dalam cerita).
*Menceritakan kembali isi cerita yang didengarkan.

4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru dan teman.
2. Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan, di antaranya judul, fakta mengenai peristiwa yang dikemukakan (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana).
3. Siswa dapat menuliskan arti kata-kata yang sulit di buku tulis.
4. Siswa dapat menuliskan ringkasan bacaan di dalam buku tulis.
5. Siswa dapat mendengarkan cerita yang dibacakan teman dengan seksama.
6. Siswa dapat menjelaskan tokoh, tema, latar dan amanat atau pesan dalam cerita.
7. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengarkan di depan kelas secara lisan.

5. MATERI AJAR :
• Cerita tentang Lingkungan Hidup ( Bab 1, Hal. 2-4 )
• Cerita Pendek ( Cerpen ) ( Bab 4, Hal. 32-36 )

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan Pertama hingga ke Dua Belas

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan pertama dan ke dua
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang lingkungan sekitar yang perlu dilestarikan.
Motivasi : Berani menjadi pembicara.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum bercerita dan sopan santun mendengarkan cerita.
* Salah seorang siswa bercerita tentang Tes Air Bersih di SD Serang Banten dan yang lain mendengarkan.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menjadi pembicara.

Pertemuan ke tiga dan ke empat
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang pelajaran yang dapat diambil dari cerita orang lain.
Motivasi : Berani menyampaikan tentang hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan aturan dalam mencatat hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan
* Siswa mencatat hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan, di antaranya judul, fakta mengenai peristiwa yang dikemukakan (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana).

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menyampaikan tentang hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan.

Pertemuan ke lima dan ke enam
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang pelajaran yang dapat diambil dari cerita orang lain.
Motivasi : Bisa menuliskan tanggapan cerita teman di buku tulis.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan aturan dalam penulisan arti kata-kata yang sulit di buku tulis.
* Guru menjelaskan aturan dalam penulisan ringkasan bacaan di dalam buku tulis.
* Siswa menuliskan arti kata-kata yang sulit di buku tulis.
* Siswa menuliskan ringkasan bacaan di dalam buku tulis.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Bisa menuliskan tanggapan cerita teman di buku tulis.

Pertemuan ke tujuh dan ke delapan
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang pelajaran yang dapat diambil dari cerita orang lain.
Motivasi : Bisa menjadi pendengar yang baik.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan ( sopan santun ) dalam mendengarkan cerita yang dibacakan oleh teman.
* Siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita yang dibacakan oleh temannya.
* Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan teman dengan seksama.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Bisa menjadi pendengar yang baik.

Pertemuan ke sembilan dan ke sepuluh
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang sering disebutkan dalam sebuah cerita ( tema, tokoh, latar belakang cerita dan pesan ).
Motivasi : Bisa menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan setelah mendengarkan cerita

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang harus ditanggapi dari cerita yang dibacakan teman.
* Salah seorang siswa membacakan cerita dan yang lain mendengarkan cerita dengan seksama.
* Siswa menjelaskan tokoh, tema, latar dan amanat atau pesan dalam cerita.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Bisa menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan setelah mendengarkan cerita

Pertemuan ke sebelas dan ke dua belas
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang sering disebutkan dalam sebuah cerita ( tema, tokoh, latar belakang cerita dan pesan ).
Motivasi : Bisa menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan setelah mendengarkan cerita.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang harus ditanggapi dari cerita yang dibacakan teman.
* Salah seorang siswa membacakan cerita dan yang lain mendengarkan cerita dengan seksama.
* Siswa menceritakan kembali isi cerita yang didengarkan di depan kelas secara lisan.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Bisa menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan setelah mendengarkan cerita

9. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Tes lisan

10. SUMBER BELAJAR
Bahasa Indonesia Membuatku cerdas, Edi Warsidi dan Farika, Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2008, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.



Balikpapan, 10 Juni 2010

Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : VI / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Indonesia
• Jumlah Pertemuan : 10 X Pertemuan @ 60 menit

1. STANDAR KOMPETENSI : 2. Berbicara ( Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan ).

2. KOMPETENSI DASAR : 2.1. Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar.
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun.

3. INDIKATOR :*Membaca artikel dari majalah, koran atau media.
*Meringkas hal-hal penting dari isi bacaan.
*Menyampaikan hasil ringkasan kepada orang lain. *Mengamati gambar dan peristiwa yang terjadi di sekitar.
*Memberikan tanggapan (kritik/pujian) dengan alasannya masing-masing.
4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat membaca artikel dari majalah, koran atau media yang mereka bawa dari rumah.
2. Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari isi bacaan terutama yang diberi garis bawah.
3. Siswa dapat menyampaikan hasil ringkasan kepada orang lain dengan cara membacakannya.
4. Siswa dapat mengamati gambar dan peristiwa yang terjadi di sekitar, misalnya tentang kebersihan, ketertiban dll.
5. Siswa dapat memberikan tanggapan yang baik berupa pujian dan mengkritik dengan bahasa yang santun.

5. MATERI AJAR :
* Cerita tentang Dunia Binatang ( Bab 2, Hal. 12-15 )
* Materi bergambar ( Bab 3, Hal. 22-24 )

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan ke Tiga Belas hingga ke Dua puluh dua

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke tiga belas hingga ke empat belas
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang berbagai macam artikel yang termuat dalam media (misalnya dunia binatang, dll.).
Motivasi : Berani membacakan tentang berbagai macam artikel yang termuat dalam media.

B. KEGIATAN INTI :
* Guru menjelaskan cara membacakan berbagai macam artikel yang termuat dalam media.
* Masing-masing siswa memperagakan cara membacakan berbagai macam artikel yang termuat dalam media.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menjadi pembaca berita.

Pertemuan ke lima belas hingga ke enam belas
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang perlu dicatat setelah membaca isi sebuah bacaan.
Motivasi : Berani menjelaskan dan mencatat tentang hal-hal yang perlu dicatat setelah membaca isi sebuah bacaan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu dicatat setelah membaca isi sebuah bacaan.
* Masing-masing siswa mencatat hal-hal yang perlu dicatat setelah membaca isi sebuah bacaan terutama yang diberi garis bawah.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menjelaskan dan mencatat tentang hal-hal yang perlu dicatat setelah membaca isi sebuah bacaan.

Pertemuan ke tujuh belas hingga ke delapan belas
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang perlu diringkas setelah membaca isi sebuah bacaan.
Motivasi : Berani menjelaskan dan menyampaikan hasil ringkasan tentang hal-hal yang perlu diringkas setelah membaca isi sebuah bacaan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu diringkas setelah membaca isi sebuah bacaan.
* Masing-masing siswa mencatat hal-hal yang perlu diringkas setelah membaca isi sebuah bacaan.
* Menyampaikan hasil ringkasan kepada orang lain dengan cara membacakannya.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menjelaskan dan menyampaikan hasil ringkasan tentang hal- hal yang perlu diringkas setelah membaca isi sebuah bacaan.

Pertemuan ke sembilan belas hingga ke dua puluh
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.
Motivasi : Berani memberikan komentar tentang hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.
* Mengamati gambar dan peristiwa yang terjadi di sekitar, misalnya tentang kebersihan, ketertiban dll.
* Masing-masing siswa memberikan komentar tentang hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani memberikan komentar tentang hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.

Pertemuan ke dua puluh satu hingga ke dua puluh dua
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang perlu diberikan tanggapan setelah melihat sebuah gambar.
Motivasi : Berani memberikan tanggapan yang baik berupa pujian dan mengkritik dengan bahasa yang santun.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.
* Mengamati gambar dan peristiwa yang terjadi di sekitar, misalnya tentang kebersihan, ketertiban dll.
* Masing-masing siswa memberikan komentar tentang hal-hal yang perlu dikomentari setelah melihat sebuah gambar.
* Memberikan tanggapan yang baik berupa pujian dan mengkritik dengan bahasa yang santun.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani memberikan tanggapan yang baik berupa pujian dan mengkritik dengan bahasa yang santun.

9. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Tes lisan

10. SUMBER BELAJAR
Bahasa Indonesia Membuatku cerdas, Edi Warsidi dan Farika, Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2008, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.


Balikpapan, 10 Juni 2010

Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : VI / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Indonesia
• Jumlah Pertemuan : 12 X Pertemuan @ 60 menit

1. STANDAR KOMPETENSI : 3. Membaca ( Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas ).

2. KOMPETENSI DASAR : 3.1. Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan.
3.2. Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)

3. INDIKATOR : *Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang dikunjungi.
*Menyusun informasi dalam bentuk paragraf.
*Membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas.
*Membaca rubrik dan memahami isinya.
*Mencatat hal-hal penting dan menarik dari rubrik.
*Memberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca.

4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang dikunjungi dengan bertanya kepada narasumber.
2. Siswa dapat menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.
3. Siswa dapat membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.
4. Siswa dapat membaca rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.
5. Siswa dapat mencatat hal-hal penting dan menarik dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.
6. Siswa dapat memberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca diawali dengan menjawab pertanyaan tentang “5 W 1 H”.

5. MATERI AJAR :
* Teks bacaan ( Bab 2, Hal. 16-20 ).
* Daftar ( buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu dan lain-lain).

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan ke Dua puluh tiga hingga ke Tiga puluh empat

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke dua puluh tiga hingga ke dua puluh empat
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara mengumpulkan informasi dari nara sumber di tempat – tempat yang dijadikan kunjungan.
Motivasi : Berani bertanya kepada nara sumber untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang dikunjungi.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan cara mengumpulkan informasi dari nara sumber di tempat – tempat yang dijadikan kunjungan.
* Siswa menuliskan daftar pertanyaan wawancara kepada nara sumber sesuai dengan tempat yang akan dikunjungi.
* Masing-masing siswa melakukan latihan wawancara kepada nara sumber.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani bertanya kepada nara sumber untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang dikunjungi.

Pertemuan ke dua puluh lima hingga ke dua puluh enam
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.
Motivasi : Berani menuliskan dan menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.
* Masing-masing siswa menuliskan dan menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menuliskan dan menyusun informasi dalam bentuk paragraf dengan mencantumkan nama pembuat laporan, tempat dan waktu kunjungan.

Pertemuan ke dua puluh tujuh hingga ke dua puluh delapan
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.
Motivasi : Berani membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.
* Masing-masing siswa membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani membacakan hasil laporan kunjungan di depan kelas dengan memperhatikan hal-hal penting dari isi laporan.

Pertemuan ke dua puluh sembilan hingga ke tiga puluh.
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membacakan rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.
Motivasi : Berani membacakan rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara membacakan rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.
* Masing-masing siswa membacakan rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani membacakan rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.

Pertemuan ke tiga puluh satu hingga ke tiga puluh dua.
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal penting dan menarik yang perlu dicatat dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.
Motivasi : Berani menyampaikan hasil catatan tentang hal-hal penting dan menarik dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang hal-hal penting dan menarik yang perlu dicatat dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.
* Masing-masing siswa membacakan hasil catatannya tentang rubrik dari majalah/koran (puisi, cerpen, sains dan musik) dan memahami isinya.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menyampaikan hasil catatan tentang hal-hal penting dan menarik dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.

Pertemuan ke tiga puluh tiga hingga ke tiga puluh empat.
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal penting yang perlu diberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca diawali dengan menjawab pertanyaan tentang “5 W 1 H”.
Motivasi : Berani memberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca diawali dengan menjawab pertanyaan tentang “5 W 1 H”.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang hal-hal penting yang perlu diberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca diawali dengan menjawab pertanyaan tentang “5 W 1 H”.
* Masing-masing siswa memberikan tanggapan tentang rubrik yang dibaca diawali dengan menjawab pertanyaan tentang “5 W 1 H”.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menyampaikan hasil catatan tentang hal-hal penting dan menarik dari rubrik, misalnya nama alat kesenian dan cara memainkannya.

9. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Tes lisan

10. SUMBER BELAJAR
Bahasa Indonesia Membuatku cerdas, Edi Warsidi dan Farika, Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2008, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.


Balikpapan, 10 Juni 2010

Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : VI / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Indonesia
• Jumlah Pertemuan : 18 X Pertemuan @ 60 menit
1. STANDAR KOMPETENSI : 4. Menulis ( Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase.

2. KOMPETENSI DASAR : 4.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar.
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.
4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa (parafrase) dengan tetap memperhatikan makna puisi.

3. INDIKATOR : *Melihat contoh formulir dan tahu cara menggunakannya.
*Mengisi beberapa formulir.
*Membaca dengan cermat isi bacaan.
*Memahami isi bacaan dengan mencatat hal-hal penting dari bacaan.
*Menulis ringkasan dengan bahasa sendiri.
*Menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan.
*Menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi.
*Membaca teks puisi.
*Memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf.
*Membacakan cerita (hasil parafrase puisi).

4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat melihat contoh formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.) dan tahu cara menggunakannya.
2. Siswa dapat mengisi beberapa formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.)
3. Siswa dapat membaca dengan cermat untuk mendapatkan gambaran umum isi bacaan.
4. Siswa dapat memahami isi bacaan dengan mencatat hal-hal penting (gagasan utama setiap paragraf) dari bacaan.
5. Siswa dapat menulis ringkasan dengan bahasa sendiri berdasarkan hal-hal penting yang dicatat.
6. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).
7. Siswa dapat menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).
8. Siswa dapat membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).
9. Siswa dapat memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.
10. Siswa dapat membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.

5. MATERI AJAR :
* Teks bacaan ( Bab 4, 37-44 ).
* Teks bacaan (Bab 1,Hal. 5-10).
* Teks bacaan ( Bab 3, Hal. 25-30 ).
*Teks bacaan ( Bab 5, Hal. 51-54 ).

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan ke tiga puluh lima hingga ke lima puluh dua

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke tiga puluh lima hingga ke tiga puluh enam
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang berbagai macam contoh formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.) dan cara menggunakannya.
Motivasi : Berani memperlihatkan dan menunjukkan cara mengisi beberapa formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.)

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang berbagai macam contoh formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.) dan cara menggunakannya.
* Masing-masing siswa melakukan pengisian beberapa formulir yang tersedia.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani memperlihatkan dan menunjukkan cara mengisi beberapa formulir (pendaftaran, kartu anggota/KTP,slip setoran Bank, daftar riwayat hidup, dll.)

Pertemuan ke tiga puluh tujuh hingga ke tiga puluh delapan
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal membaca isi bacaan.
Motivasi : Berani membacakan dengan cermat isi bacaan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dalam hal membaca isi bacaan.
* Masing-masing siswa membacakan isi bacaan sesuai dengan intonasi yang tepat.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani membacakan dengan cermat isi bacaan.


Pertemuan ke tiga puluh sembilan hingga ke empat puluh
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang gagasan utama setiap paragraf dari bacaan.
Motivasi : Berani menunjukkan catatan tentang hal-hal penting (gagasan utama setiap paragraf) dari bacaan.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang gagasan utama setiap paragraf dari bacaan.
* Masing-masing siswa mencatat tentang hal-hal penting (gagasan utama setiap paragraf) dari bacaan.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menunjukkan catatan tentang hal-hal penting (gagasan utama setiap paragraf) dari bacaan.

Pertemuan ke empat puluh satu hingga ke empat puluh dua
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara meringkas isi dari bacaan.
Motivasi : Berani menunjukkan tulisan hasil ringkasan dengan bahasa sendiri berdasarkan hal-hal penting yang dicatat.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara meringkas isi dari bacaan.
* Masing-masing siswa meringkas bacaan dengan bahasa sendiri berdasarkan hal- hal penting yang dicatat.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menunjukkan catatan tentang hal-hal penting (gagasan utama setiap paragraf) dari bacaan.

Pertemuan ke empat puluh tiga hingga ke empat puluh empat
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).
Motivasi : Berani menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).
* Masing-masing siswa menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan (tema/topik, jumlah tokoh, menyusun dengan ejaan yang tepat).

Pertemuan ke empat puluh lima hingga ke empat puluh enam
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang langkah-langkah menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).
Motivasi : Berani Menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang langkah-langkah menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).
* Masing-masing siswa menyebutkan langkah-langkah menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani menyusun teks percakapan dengan kalimat yang bersifat menanggapi (menggunakan kata tanya).

Pertemuan ke empat puluh tujuh hingga ke empat puluh delapan
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).
Motivasi : Berani membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).
* Masing-masing siswa membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani membaca contoh teks puisi yang belum dirubah maupun yang telah dirubah dalam bentuk cerita (parafrase).

Pertemuan ke empat puluh sembilan hingga ke lima puluh
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.
Motivasi : Berani memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.
* Masing-masing siswa memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani memparafrasekan puisi dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf menggunakan kata-kata sendiri.

Pertemuan ke lima puluh hingga ke lima puluh dua
A. PENDAHULUAN
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.
Motivasi : Berani membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.

B. KEGIATAN INTI
* Guru menjelaskan tentang cara membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.
* Masing-masing siswa membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.

C. PENUTUP
a. Penilaian
b. Motivasi : Berani membacakan cerita (hasil parafrase puisi) di depan teman-teman dan mengklipingnya.

9. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Tes lisan

10. SUMBER BELAJAR
Bahasa Indonesia Membuatku cerdas, Edi Warsidi dan Farika, Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2008, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.

Balikpapan, 10 Juni 2010

Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag