Jumat, 20 Agustus 2010

RPP PKN KELAS 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

• Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
• Kelas / Semester : IV / 1 (Ganjil)
• Program / Prg. Keahlian : -
• Mata Pelajaran / Tema : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN )
• Jumlah Pertemuan : 6 X Pertemuan @ 60 menit

1. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.

2. KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.

3. INDIKATOR
1. Menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Menjelaskan susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
4. Menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
5. Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
6. Menjelaskan nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.

4. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Siswa dapat menjelaskan susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Siswa dapat memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
4. Siswa dapat menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
5. Siswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
6. Siswa dapat menjelaskan nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.
7. Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan.

5. MATERI POKOK
1. Pemerintahan desa / kelurahan
2. Pemerintahan kecamatan

6. ALOKASI WAKTU :
Pertemuan Pertama hingga ke Enam

7. METODE PEMBELAJARAN :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

8. SKENARIO PEMBELAJARAN

Pertemuan I
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan beserta struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan beserta struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru mulai menjelaskan pengertian pemerintahan desa/kelurahan.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru.
3. Guru melanjutkan penjelasan mengenai fungsi dan tugas kepala desa
4. Guru memberikan kesempatan bagi siswa utnuk bertanya

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : membuat kelompok, lalu mencari di internet tentang pemerintahan desa dan dikomentari.

Pertemuan II
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
3. Siswa bertanya jawab tentang susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
4. Kelompok yang paling banyak bertanya dan menganggapi akan mendapat poin .

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : membaca di rumah materi selanjutnya.

Pertemuan III
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.
Motivasi : Berani memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tenpat tinggal.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
3. Siswa bertanya jawab tentang bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
4. Kelompok yang paling banyak bertanya dan menganggapi akan mendapat poin .

C. Kegiatan akhir
Guru memberi tugas : bertanya kepada orang tua mengenai nama-nama pejabat RT, kelurahan dan kecamatan di daerah tempat tinggalnya.

Pertemuan IV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
Motivasi : Berani memberi contoh gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang cara menggambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
3. Siswa membuat gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
4. Guru mengoreksi dan memberikan penilaian pada gambar struktur organisasi pemerintahan kecamatan yang dibuat oleh siswa.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi tugas kelompok : mencari persamaan dan perbedaan pemerintahan desa dan kelurahan.
2. Guru memberi tugas: menghafal struktur organisasi desa dan kelurahan.

Pertemuan V
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.

B. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok bergiliran maju untuk membacakan hasil tugasnya.
2. Siswa yang berani maju menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan akan mendapat poin.
3. Guru menyuruh siswa untuk menyampaikan secara lisan tentang struktur organisasi desa dan kelurahan.
4. Siswa menjelaskan tentang struktur organisasi desa dan kelurahan yang pernah mereka hafalkan.

C. Kegiatan akhir
Guru memberikan tugas menghafal tugas camat dan struktur organisasi kecamatan

Pertemuan VI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang nama pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintahan desa dan kecamatan di tempat tinggalnya.

B. Kegiatan inti
1. Siswa yang berani maju menghafal tugas camat dan menggambarkan struktur organisasi kecamatan akan mendapat poin.
2. Guru menyuruh siswa menyebutkan nama-nama pejabat di daerah tempat tinggalnya yang pernah mereka tanyakan pada orang tuanya.
3. Siswa bergantian menyampaikan nama-nama pejabat di daerah tempat tinggalnya.
4. Mengadakan tes I tentang pemerintahan desa dan kelurahan

C. Kegiatan akhir
1. Guru mengoreksi dan memberi nilai.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan

9. SUMBER BELAJAR
Buku PKN kelas IV. Acarya Media Utama,

10. PENILAIAN

1. Teknik : Tes Tertulis, Tes Unjuk kerja, Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen : Isian /lisan




Mengetahui Balikpapan, 23 Juli 2010 Guru Bidang Studi,
Kepala Sekolah SDIT Al Auliya, Guru Bidang Studi,



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar