Selasa, 23 November 2010

RPP BINDO KELAS 4 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
1.Mendengarkan ( Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps)

3. Kompetensi Dasar :
1.1 . membuat gambar /denah berdasarkan Penjelasan yang didengar

4. Indikator :
• Mampu membuat denah berdasarkan petunjuk
• Menyampaikan isi petunjuk
• Mampu menceritakan tempat sesuai dengan denah

5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan petunjuk denah
2. Siswa dapat mencatat hal-hal penting dalam denah
3. Siswa dapat membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
4. Siswa dapat membuat denah dari rumah masing-masing kesekolah

6. Materi Ajar :
• Denah (Bab 5)

7. Alokasi Waktu :
Pertemuan pertama hingga ke tiga

8. Metode Pembelajaran :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

9. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I :
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. siswa diperlihatkan sebuah denah
2. siswa dan guru bertanya jawab tentang denah
3. siswa mempelajari denah yang ada dibuku panduan
4. siswa membuat denah sesuai petunjuk guru
5. setelah selesai, siswa menyocokkan dengan buku panduan
6. siswa membuat denah tempat tinggal masing-masing
7. menjelaskan denah yang sudah dibuat didepan kelas

C. Kegiatan akhir
1. siswa dan guru melakukan refleksi
2. siswa diberi tugas mencari contoh denah (lokasi rumah, ruang keluarga,dll)
3. Penilaian
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

Pertemuan II
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. siswa mengumpulkan tugas
2. siswa dan guru bertanya jawab tentang denah
3. siswa secara individu membuat denah sekolahnya
4. memngumpulkan hasil latihan

C. Kegiatan akhir
1. Koreksi tugas siswa
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

Pertemuan III
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. siswa dan guru bertanya jawab mengenai denah sekolah yang telah dibuat
2. siswa membuka kembali buku panduan (denah)
3. siswa menceritakan didepan kelas mengenai denah tersebut
4. siswa mengerjakan latihan di buku “BI membuatku cerdas 4 SD/MI Hal 3”

C. Kegiatan akhir
1. Koreksi tugas siswa
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

10. Sumber belajar
1. buku “BI membuatku cerdas 4 SD/MI”
2. LKS Bahasa Indonesia
3. Catatan siswa

11. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis, Tes Unjuk kerja, Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen : Isian /lisan

Balikpapan, 10 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S.Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 4 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
1.Mendengarkan ( Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps)
3. Kompetensi Dasar :
1.2 . Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps

4. Indikator :
• Mampu menjelaskan kembali secara lisan tentang simbol daerah sendiri
• Mampu menjelaskan kembali secara tertulis tentang simbol daerah sendiri
• Mampu membuat kliping gambar simbol daerah

5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami simbol daerah/lambang korps
2. Siswa dapat menjelaskan gambar simbol daerah /lambang korps
3. Siswa dapat membuat kliping gambar simbol daerah sendiri

6. Materi Ajar :
Simbol daerah / lambang korps (Bab 2 hal 15-21)

7. Alokasi Waktu :
Pertemuan ke empat hingga ke tujuh

8. Metode Pembelajaran :
1. Membaca
2. Tanya jawab
3. Ceramah
4. Demonstrasi
5. Tes lisan dan tulisan.

9. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan IV
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang simbol daerah.
Motivasi : Berani menjelaskan simbol daerah.

B. Kegiatan inti
1. siswa mendengarkan penjelasan guru tentang simbol daerah
1. siswa membaca buku “BI membuatku cerdas 4 SD/MI Hal 11”
2. siswa menjelaskan secara lisan simbol daerahnya sendiri
3. hasil dicatat dan dilaporkan pada guru

C. Kegiatan akhir
1. siswa menjelaskan tentang simbol daerah secara inividu didepan kelas
2. Koreksi tugas siswa
3. Penilaian
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang simbol daerah secara inividu di depan kelas

Pertemuan V
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang simbol daerah.
Motivasi : Berani menjelaskan simbol daerah.

B. Kegiatan Inti
1. siswa menjelaskan kembali secara tertulis tentang simbol daerah
2. siswa membaca buku “BI membuatku cerdas 4 SD/MI Hal 13”
3. Siswa menjelaskan kembali secara rinci simbol daerahnya sendiri
4. Hasil dikumpulkan

C. Kegiatan akhir
1. Guru mengoreksi hasil tugas siswa
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang simbol daerah secara inividu didepan kelas

Pertemuan VI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang kliping
Motivasi : Berani menjelaskan tentang kliping

B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi waktu selama 1 minggu untuk membuat kliping
2. Siswa dan guru bertanya jawab mengenai kliping
3. Masing-masing siswa membuat kliping

C. Kegiatan akhir
1. Siswa mengumpulkan kliping
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang kliping

Pertemuan VII

Ulangan harian
1. a. Apakah pikiran pokok itu?
b. Musibah adalah………………………
c. Apakah fungsi denah?
d. Buatlah denah dari perpustakaan ke ruang Qiro’ati
e. Sebutkan penyebab banjir (3)?
2. Jelaskan secara lisan penggunaan gunting,kalkulator,Jangka?
3. Jelaskan secara lisan penggunaan obat tetes mata?
4. Jelaskan secara lisan dan detail Lambang Negara Kita garuda
10. Sumber belajar
1. buku “BI membuatku cerdas 4 SD/MI”
2. LKS Bahasa Indonesia
3. Catatan siswa

11. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis, Tes Unjuk kerja, Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen : Isian /lisan

Balikpapan, 10 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan :SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas/ Semester : IV/1 (Ganjil)
Program/Prog.Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 4 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
2.Berbicara ( Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan alat).

3. Kompetensi Dasar :
2.1. Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.
4. Indikator :
* Mampu bertanya jawab tentang petunjuk membaca denah
* Mampu memperhatikan penjelasan tentang denah suatu tempat.
* Mampu mencermati denah yang ada di buku paket.
* Mampu berdiskusi tentang tempat dalam denah.
* Mampu menjelaskan secara lisan letak suatu tempat dalam
denah.
5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat bertanya jawab tentang petunjuk membaca denah.
2. Siswa dapat memperhatikan penjelasan tentang denah suatu tempat yang dijelaskan oleh guru.
3. Siswa dapat mencermati denah yang ada di buku.
4. Siswa dapat berdiskusi tentang tempat dalam denah dengan teman sekelompoknya.
5. Siswa dapat menjelaskan secara lisan letak suatu tempat dalam denah.
6. Materi Ajar
Denah tempat (Bab 1 )
7. Alokasi Waktu
Pertemuan ke delapan sampai ke sebelas
8. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes lisan
9. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan VIII :
A.Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.
B. Kegiatan inti
1. Siswa diperlihatkan sebuah denah
2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang denah
3. Siswa diminta membaca petunjuk denah.
4. Buku Bahasa Indonesia ditutup.
5. Siswa membuat denah sesuai petunjuk membaca denah.
6. Setelah selesai, siswa menguji kebenaran dengan cara membuka buku Bahasa Indonesia.
C. Kegiatan akhir
1. Guru mengoreksi pekerjaan siswa satu persatu.
2. Siswa diberi tugas membuat gambar denah rumah masing-masing.
3. Penilaian
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

Pertemuan IX
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. Siswa disuruh mengumpulkan tugas.
2. Siswa diminta mencermati denah yang ada dibuku paket BI
3. Siswa diminta menyalin denah yang ada dibuku paket ke buku tulis.
4. Setelah selesai , masing-masing siswa diminta menjelaskan di depan kelas.

C. Kegiatan akhir
1. Penilaian
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

Pertemuan X
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. Guru dan siswa berdiskusi mengenai tempat dalam denah.
2. Siswa dibagi berkelompok.
3. Guru dan siswa berdiskusi mengenai tempat dalam denah.
4. Siswa dibagi berkelompok.
5. Siswa membuka buku BI tentang denah ruang keluarga.
6. Dari denah tersebut siswa diminta membuat ruang makan.

C. Kegiatan akhir
1. Siswa diminta mengumpulkan denah ruang yang mereka buat bersama kelompoknya.
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

Pertemuan XI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang denah rumah, sekolah dan kantor.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

B. Kegiatan inti
1. Siswa diberi waktu 10 menit untuk berdiskusi dengan kelompoknya.
2. Siswa diminta menjelaskan secara lisan tentang denah yang mereka buat.
3. Masing-masing kelompok diwakili satu orang untuk menjelaskan secara lisan didepan kelas.

C. Kegiatan akhir
1. Siswa diminta mengumpulkan denah ruang yang mereka buat bersama kelompoknya.
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang denah.

10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas.
2. Buku ajr “Acuan pengayaan”Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis, tes lisan, tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda, gambar denah,isian.
3. Soal Instrumen :
4. Untuk menjelaskan sebuah tempat, kamu perlu membuat apa?
a. Garis b. Denah c.Lingkaran d. Tanda lalu lintas.
5. Apakah denah itu?
6. Jelaskan rute perjalanan dari rumahmu menuju sekolah!
Balikpapan, 11 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan :SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas/ Semester : IV/1 (Ganjil)
Program/Prog.Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
2.Berbicara ( Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan alat).

3. Kompetensi Dasar :
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.
4. Indikator :
* Mampu bertanya jawab tentang suatu alat.
* Mampu membaca petunjuk penggunaan pompa angin.
* Mempraktikkan penggunaan pompa angin sesuai dengan
petunjuk.
* Mampu menjelaskan secara lisan petunjuk penggunaan
pompa angin dengan bahasa yang baik dan benar
5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat bertanya jawab tentang suatu alat yang ada dalam buku paket.
2. Siswa dapat membaca petunjuk penggunaan pompa angin.
3. Siswa dapat mempraktikkan penggunaan pompa angin sesuai dengan petunjuk
4. Siswa dapat menjelaskan secara lisan petunjuk penggunaan pompa angin dengan bahasa yang baik dan benar.
6. Materi Ajar
Petunjuk penggunaan alat (Bab 2)
7. Alokasi Waktu
Pertemuan ke dua belas sampai ke empat belas
8. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes lisan

9. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan XII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang alat.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.
B. Kegiatan inti
1. Siswa bertanya jawab tentang suatu alat.
2. Siswa berkelompok.
3. Siswa membuka buku BI tentang suatu alat.
4. Guru memilihkan alat apa yang diterangkan oleh tiap-tiap kelompok.
5. Siswa menceritakan suatu alat yang sudah dipilihkan.

C. Kegiatan akhir
1. Setiap siswa wajib mencatat penjelasan temannya.
2. Penilaian
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.

Pertemuan XIII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang alat.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.

B. Kegiatan inti
1. Siswa diminta membaca petunjuk penggunaan alat dibuku BI
2. Siswa diminta menjelaskan secara rinci penggunaan alat dengan bahasa yang baik dan benar.
3. Masing-masing siswa menjelaskan didepan kelas.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.

Pertemuan XIV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang alat.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.

B. Kegiatan inti
1. Guru memperlihatkan bentuk pompa angin didepan kelas.
2. Guru menjelaskan cara penggunaannya.
3. Tiap-tiap siswa diminta mencatat penjelasan guru.
4. Siswa berkelompok.
5. Tiap-tiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempraktikkan cara penggunaan pompa angin dengan bahasa yang baik dan benar didepan kelas.
6. Tiap-tiap kelompok mempraktikkan didepan kelas secara bergantian.
C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi kelompok yang nilainya lebih tinggi dari kelompok lainnya.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang alat.

10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas.
2. Buku ajr “Acuan pengayaan”Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.
11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis, tes lisan, tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda, gambar denah,isian.
Balikpapan, 11 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia


Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan :SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas/ Semester : IV/1 (Ganjil)
Program/Prog.Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 4 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
3. Membaca (Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

3. Kompetensi Dasar :
3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.

4. Indikator :
* Mampu menjelaskan cara membaca teks yang baik.
* Mampu membaca teks dengan seksama.
* Mampu menjelaskan isi teks.
* Mampu menemukan pikiran pokok teks berdasarkan contoh.

5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan cara membaca teks yang baik.
2. Siswa dapat membaca teks dengan seksama.
3. Siswa dapat menjelaskan isi teks dibuku tulis.
4. Siswa dapat menemukan pikiran pokok teks berdasarkan contoh yang ada dibuku paket.

6. Materi Ajar
* Pikiran pokok (bab 3,hal 24-32)

7. Alokasi Waktu
Pertemuan ke lima belas hingga ke delapan belas
8. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Tes tulis
5. Tes lisan

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab mengenai cara membaca teks.
2. Siswa membuka buku Bahasa Indonesia membuatku cerdas halaman 24.
3. Siswa diminta membaca teks dengan seksama.
4. Masing-masing siswa diminta menjelaskan cara membaca teks yang baik dibuku tulis.
5. Hasil pekerjaan dicocokan secara bersama-sama.
C. Kegiatan akhir
1. Hasil dikumpulkan pada guru.
2. Hasil pekerjaan dinilai oleh guru.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

Pertemuan XVI
A. kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Siswa diminta menjawab pertanyaan isi teks halaman 25-26.
2. Siswa menjelaskan isi teks ATLET BERSEPEDA dengan benar dibuku tulis.
3. Hasil pekerjaan dikumpulkan pada guru.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

Pertemuan XVII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan arti pikiran pokok
2. Siswa diminta mendengarkan dan mencatat dibuku tulis.
3. Siswa menulis teks yang ada dipapan tulis dibuku tulis.
4. Siswa mencari pikiran pokok teks yang ada dipapan tulis.
5. Hasil dicocokan secara bersama-sama.
C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

Pertemuan XVIII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab mengenai cara mengunakan suatu alat.
2. Siswa membuka buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia halaman 15.
3. Guru memberikan contoh pengunaan alat elektronik seperti setrika dipapan tulis.
4. Siswa mencatat contoh pengunaan alat elektronik setrika.
C. Kegiatan akhir
1. Siswa diberi tugas untuk menuliskan cara penggunaan elektronik mesin cuci.
2. Hasil dikumpulkan pada guru.
3. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

9. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas.
2. Buku ajar “Acuan pengayaan”Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

10.Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja
2. Bentuk :Bacaan,pilihan ganda, isian.
3. Soal/Instrumen:
1. Maaf,”Andi judul buku ini tidak ada diperpustakaan ,”kata penjaga perpustakaan.
Andi pun kecewa dan berkata,”Terima kasih,Bu”.
Pokok pikiran kutipan percakapan tersebut adalah……………..
a. Andi kecewa b. Judulbuku c. Pemjaga perpustakaan d. Berterimah kasih
2. Apakah yang dimaksud dengan membaca memindai?


Balikpapan, 14 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan :SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas/ Semester : IV/1 (Ganjil)
Program/Prog.Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 10 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
3. Membaca (Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

3. Kompetensi Dasar :
3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.
4. Indikator :
* Mampu menjelaskan cara menggunakan suatu alat.
* Mampu membaca petunjuk penggunaan dengan seksama.
* Mampu mencatat hal-hal penting dari petunjuk yang dibaca.
* Mampu menjawab pertanyaan isi petunjuk.

5. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan cara menggunakan suatu alat elektronik.
2. Siswa dapat membaca petunjuk penggunaan dengan seksama.
3. Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari petunjuk yang dibaca ke dalam buku tulis.
4. Siswa dapat menjawab pertanyaan isi petunjuk.

6. Materi Ajar
* Petunjuk pemakaian (bab 4, hal 33-40)

7. Alokasi Waktu
Pertemuan ke sembilan belas hingga ke dua puluh delapan
8. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Tes tulis
5. Tes lisan

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XIX
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab mengenai cara mengunakan suatu alat.
2. Siswa membuka buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia halaman 15.
3. Guru memberikan contoh pengunaan alat elektronik seperti setrika dipapan tulis.
4. Siswa mencatat contoh pengunaan alat elektronik setrika.

C. Kegiatan akhir
1. Siswa diberi tugas untuk menuliskan cara penggunaan elektronik mesin cuci.
2. Hasil dikumpulkan pada guru.
3. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik membaca, petunjuk pemakaian, makna dan kata dalam kamus ensiklopedia.

Pertemuan XX
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk pengunaan jasa pos.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk pengunaan jasa pos.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang petunjuk pengunaan jasa pos.
2. siswa membuka buku Bahasa Indonesia membuatku cerdas halaman 35.
3. Siswa membaca sekilas urutan petunjuk jasa pos.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi tugas mencatat.
2. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk pengunaan jasa pos.

Pertemuan XXI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk membuat cap.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk membuat cap.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang petunjuk membuat cap.
2. Siswa berkelompok.
3. Siswa diminta membaca petunjuk pengunaan cap.
4. Siswa diminta mencocokan dan mengurutkan dengan gambar.
5. Siswa diminta memperaktikan cara membuat cap dengan teman sekelompoknya.

C. Kegiatan akhir
1. Guru menilai hasil praktik cara membuat cap.
2. Guru mengumumkan hasil nilai.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk pengunaan jasa pos.

Pertemuan XXII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara pengunaan tanda baca koma (,), titik (.), dan penggunaan huruf kapital
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara pengunaan tanda baca koma (,), titik (.), dan penggunaan huruf kapital

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan cara pengunaan tanda baca koma (,), titik (.), dan penggunaan huruf kapital
2. Siswa diminta mencatat dibuku tulis.
3. Siswa diberi tugas.
4. Guru menjelaskan kembali cara penggunaan elektronik.
5. Guru memberi tugas mengurutkan penggunaan alat elektonik yang ada dipapan tulis.
C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan penilaian dan bintang bagi siswa yang nilainya lebih tinggi dari siswa lainnya.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara pengunaan tanda baca koma (,), titik (.), dan penggunaan huruf kapital.

Pertemuan XXIII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang kamus/ensiklopedia.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang kamus/ensiklopedia.

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang kamus/ensiklopedia.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat kembali penjelasan guru yang ada dipapan tulis.
3. Siswa menjelaskan kembali cara penggunaan elektronik.
4. Siswa mengerjakan Buku ajar acuan pengayaan hal 28-32.

C. Kegiatan akhir
1. Setelah selesai buku dikumpulkan.
2. Buku ditukar secara acak dan dicocokkan secara bersama-sama
3. Guru memberi nilai.
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang kamus/ensiklopedia.

Pertemuan XXIV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25

B. Kegiatan inti
1. Siswa diminta mengerjakan buku ajar acuan pengayaan hal 32-37.
2. Setelah selesai buku dikumpulkan.
3. Buku ditukar secara acak.

C. Kegiatan akhir
1. Jawaban dicocokkan secara bersama-sama.
2. Guru memberi nilai.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25

Pertemuan XXV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan petunjuk penggunaan kamus.
2. Siswa diminta mendengarkan dengan seksama.
3. Siswa diminta membawa kamus.
4. Siswa diminta membaca dan memahami petunjuk penggunaan kamus yang ada di Buku ajar acuan pengayaan hal 28 dan 33
5. Siswa diminta menulis kata sulit yang ada dipapan tulis.

C. Kegiata akhir
1. Kata sulit disalin dibuku tulis masing-masing.
2. Guru mengoreksi dan memberi nilai.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus dengan benar yang ada dibuku ajar acuan pengayaan hal 24 dan 25.

Pertemuan XXVI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk menggunakan kamus
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk menggunakan kamus

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan cara menggunakan kamus.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat dibuku tulis.
3. Siswa bekelompok.
4. Guru memberi tugas.
5. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menemukan kata sulit dibuku paket BI halaman 44 dengan menggunakan kamus.
6. Waktu yang diberikan sepuluh menit untuk berdiskusi dengan kelompoknya.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi penjelasan dan penilaian.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus

Pertemuan XXVII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang petunjuk menggunakan kamus
Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk menggunakan kamus


B. Kegiatan inti
1. Setelah selesai masing-masing kelompok bertukar jawaban untuk dicocokkan.
2. Masing-masing kelompok mencocokkan jawaban yang ada dipapan tulis.
3. Tugas dikumpulkan.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi penjelasan dan penilaian.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang petunjuk penggunaan kamus

Pertemuan XXVIII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara mengurutkan gambar.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara mengurutkan gambar.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan cara mengurutkan gambar.
2. Masing-masing siswa diminta mengurutkan seperti dibuku BI halaman 36.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi penjelasan dan penilaian tentang cara mengurutkan gambar.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara mengurutkan gambar.


10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas.
2. Buku ajar “Acuan pengayaan”Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

11.Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja
2. Bentuk :Bacaan,pilihan ganda, isian.
3. Instrumen / soal :
1. Oleskan pada bagian kulit yang luka 3x1 hari.
Hal-hal berikut yang berkaitan dengan petunjuk pemakaian obat diatas adalah
a. Mengobati rasa nyeri. c. 3x1 hari.
b. Untuk kulit yang halus. d. Diminum.


Balikpapan, 14 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis
Guru Bahasa Indonesia


Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
4. Menulis (Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi kedalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat).

3. Kompetensi Dasar :
4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (Tanda titik dua (:), Tanda petik(‘).)

4. Indikator :
• Mampu membaca percakapan dengan seksama.
• Mampu melengkapi percakapan yang belum selesai sehingga menjadi percakapan yang padu.
• Mampu menulis percakapan utuh dengan memperhatikan ejaan dalam teks.
• Mampu berdiskusi untuk menemukan arti kata sulit dengan menggunakan kamus.
• Mampu menemukan arti katasulit dengan menggunakan kamus.
• Mampu menunjukkan salah satu gambar.

5. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat membaca percakapan dengan seksama.
2. Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum selesai sehingga menjadi percakapan yang padu.
3. Siswa dapat menulis percakapan utuh dengan memperhatikan ejaan dalam teks.
4. Siswa dapat berdiskusi untuk menemukan arti kata sulit dengan menggunakan kamus.
5. Siswa dapat menemukan arti katasulit dengan menggunakan kamus.
6. Siswa dapat menunjukkan salah satu gambar.

6. Materi pembelajaran
Percakapan (Halaman 28-32)

7. Alokasi waktu :
Pertemuan ke dua puluh sembilan hingga ke tiga puluh.

8. Metode pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes tulis

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XXIX
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai

B. Kegiatan inti
1. Siswa diminta membaca percakapan yang ada dibuku BI halaman 28 – 29.
2. Setelah selesai siswa diminta menutup bukunya.
3. Guru menuliskan percakapan yang belum selesai, yang ada dibuku BI halaman 30 dipapan tulis.
4. Siswa diminta melengkapi percakapan yang ada dipapan tulis dibuku tulis.

C. Kegiatan akhir
1. Siswa diminta mengumpulkan tugas.
2. Guru memberi nilai.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai

Pertemuan XXX
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik melakukan percakapan
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melakukan percakapan

B. Kegiatan inti
1. Siswa dan guru bertanya jawab mengenai percakapan.
2. Siswa bekelompok (Masing-masing 3 siswa).
3. Siswa diberi waktu 10 menit untuk berdiskusi dengan kelompoknya, Untuk mempersiapkan percakapan tentang sekolahnya.
4. Setiap kelompok melakukan percakapan didepan kelas secara bergantian sesuai ejaan.
5. Kelompok yang belum maju memberi penilaian kepada kelompok yang sedang maju.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi penjelasan dan penilaian tentang percakapan yang baik .
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melakukan percakapan

10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4.
2. Buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja.
2. Bentuk : Bacaan,pilihan ganda,isian.

3. Instrumen/soal:
2. Angga :”Kapan kamu ke rumahku?”
Andi :”……………………………………………”
Angga :”Kapan kita belajar kelompok?”
Andi :”…………………………………………..”
Angga :”Apa kamu sudah siapbahan-bahannya?”
Andi :”…………………………………………………………..”
Angga :”…………………………………………………………..”
Andik :”Ok”Kalau begitu hariminggu inikita berkumpul dirumahmu pukul 8.00 pagi”.
Angga :”Tolong kasih tahu teman-teman yang lain “.


Balikpapan, 15 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia


Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
4. Menulis (Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi kedalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat).

3. Kompetensi Dasar :
4.2. Menulis cara melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.

4. Indikator :
• Mampu menjelaskan cara membuat cap atau stempel.
• Mampu memperhatikan dan mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
• Mampu membuat surat pribadi seperti yang ditunjukkan oleh guru.
• Mampu menulis cara membuat cap atau stempel.

5. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan cara membuat cap atau stempel.
2. Siswa dapat memperhatikan dan mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru.
3. Siswa dapat membuat surat pribadi seperti yang ditunjukkan oleh guru.
4. Siswa dapat menulis cara membuat cap atau stempel.

6. Materi pembelajaran
Petunjuk melakukan sesuatu (Halaman 6-8).

7. Alokasi waktu :
Pertemuan ke tiga puluh satu sampai ke tiga puluh tiga.

8. Metode pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes tulis

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XXXI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membuat cap / stempel.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

B. Kegiatan inti
1. Guru membagikan kertas kosong kepada masing-masing siswa.
2. Guru memberi tugas.
3. Masing-masing siswa diminta menjelaskan cara membuat cap / stempel.
4. Waktu yang diberikan 3 menit.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan reward berupa 2 bintang.
2. Jawaban dibahas bersama-sama.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

Pertemuan XXXII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membuat cap / stempel.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan kembali cara membuat cap yang benar.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan yang penting.
3. Guru memberi tugas.
4. Siswa berkelompok.
5. Masing-masing kelompok diminta membuat cap seperti yang ditunjukkan oleh guru.

C. Kegiatan akhir
1. Masing-masing kelompok diminta menjelaskan didepan kelas.
2. Guru memberikan reward berupa 2 bintang bagi kelompok yang benar.
3. Jawaban dibahas bersama-sama.
4. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

Pertemuan XXXIII
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara membuat cap / stempel.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

B. Kegiatan inti
1. Setelah selesai siswa diminta menuliskan cara membuat cap/stempel dibuku tulis.
2. Buku tulis dikumpulkan.

C. Kegiatan akhir
1. Guru memberi nilai.
2. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara membuat cap / stempel.

10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4.
2. Buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja.
2. Bentuk : Bacaan,pilihan ganda,isian.

Balikpapan, 15 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia


Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
4. Menulis (Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi kedalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat).

3. Kompetensi Dasar :
4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan menggunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.

4. Indikator :
1. Membaca cerita rumpang dan melengkapi bagian yang hilang.
2. Mampu menulis cerita yang utuh / padu dengan memperhatikan EYD.
3. Mengerjakan soal evaluasi semester 1.

5. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan cara membuat cerita.
2. Siswa dapat membaca cerita rumpang dan melengkapi bagian yang hilang.
3. Siswa dapat menulis cerita yang utuh / padu dengan memperhatikan EYD.

6. Materi pembelajaran
Cerita (Halaman 44-46).

7. Alokasi waktu :
Pertemuan ke tiga puluh empat.

8. Metode pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes tulis

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XXXIV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai
Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai

B. Kegiatan inti
1. Siswa diminta membaca percakapan yang ada dibuku BI halaman 28 – 29.
2. Setelah selesai siswa diminta menutup bukunya.
3. Guru menuliskan percakapan yang belum selesai, yang ada dibuku BI halaman 30 dipapan tulis.
4. Siswa diminta melengkapi percakapan yang ada dipapan tulis dibuku tulis.

C. Kegiatan akhir
1. Siswa diminta mengumpulkan tugas.
2. Guru memberi nilai.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang teknik melengkapi percakapan yang belum selesai

10. Sumber belajar
1. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4.
2. Buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia.
3. Buku catatan siswa.

11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja.
2. Bentuk : Bacaan,pilihan ganda,isian.

Balikpapan, 15 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas
Satuan Pendidikan : SDIT Al Auliya 1 Balikpapan Tengah
Kelas / Semester : IV/1 (Ganjil)
Program /Prg. Keahlian : -
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan @ 60 menit

2. Standar Kompetensi :
4. Menulis (Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi kedalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat).

3. Kompetensi Dasar :
4.4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan (Huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll).

4. Indikator :
1. Mampu menjelaskan tentang cara menulis surat.
2. Membaca contoh pengalaman yang ditulis dalam surat pribadi.
3. Mampu memahami contoh surat pribadi.

5. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang cara menulis surat.
2. Siswa dapat membaca contoh pengalaman yang ditulis dalam surat pribadi.
3. Siswa dapat memahami contoh surat pribadi.

6. Materi pembelajaran
Menulis surat (Halaman 37-40).

7. Alokasi waktu :
Pertemuan ke tiga puluh lima sampai tiga puluh enam.

8. Metode pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Membaca
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Tes tulis

9. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan XXXV
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara menulis surat.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara menulis surat.

B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan bagaimana menulis surat.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.
3. Guru member tugas.
4. Masing-masing siswa diminta menjelaskan kembali bagaimana menulis surat.
5. Penjelasan ditulis dibuku tulis/buku tugas.

C. Kegiatan akhir
1. Tugas dikumpulkan.
2. Guru mengoreksi dan memberikan penilaian.
3. Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara menulis surat.

Pertemuan XXXVI
A. Kegiatan awal
Doa
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Cerita tentang cara menulis surat.
Motivasi : Berani menjelaskan tentang cara menulis surat.

B. Kegiatan inti
1. Guru memberikan penjelasan bagaimana pengalaman surat pribadi itu.
2. Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru.
3. Siswa diminta membaca contoh pengalaman yang ditulis dalam surat pribadi dibuku BI hal 50-52.
4. Siswa diminta memahami contoh pengalaman surat pribadi dibuku BI hal 50-52.
5. Guru member tugas.
6. Masing-masing siswa diminta membuat surat pribadi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan ejaan.
7. Waktu yang diberikan 30 menit

C. Kegiatan akhir
1. Tugas dikumpulkan.
2. Guru mengoreksi.
3. Guru memberi nilai.
4. Guru memberi reward berupa 3 bintangbagi siswa yang bias membuat surat pribadi.

10. Sumber belajar
4. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4.
5. Buku ajar acuan pengayaan Bahasa Indonesia.
6. Buku catatan siswa.

11. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis,tes unjuk kerja.
2. Bentuk : Bacaan,pilihan ganda,isian.
3. Instrumen/soal
Balikpapan,8 September 2009
Sahabatku Anita di Jakarta

Assalamu’alaikum,
Gimana kabarmu Anita? Baik-baik khan. Saya mau berkunjung ke Jakarta hari minggu, tanggal 15 September 2009. Aku mau kerumah nenek, Boleh tidak aku mampir ke rumah kamu karena aku juga kangen sama kamu. Aku berangkat pukul 10.00 pagi. Sampai jumpa hari minggu ya!.
Sampai disini dulu. Jangan lupa tunggu aku.
Wassalamu’alaikum

Adelia

Jawablah pertanyaan dibawah ini:
1. Tanggal berapakah surat itu ditulis?
2. Dimanakah surat itu ditulis?
3. Siapakah yang menulis surat itu?
4. Kepada siapakah surat itu ditujukan?
5. Apa isi surat itu?

4. Oleskan pada bagian kulit yang luka 3x1 hari.
Hal-hal berikut yang berkaitan dengan petunjuk pemakaian obat diatas adalah
c. Mengobati rasa nyeri. c. 3x1 hari.
d. Untuk kulit yang halus. d. Diminum.

Balikpapan, 15 Juni 2010
Mengetahui,
Kepala SDIT AL-AULIYA I Karang Bugis Guru Bahasa Indonesia



Syafruddin Tara, S.T Farida, S. Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar